Minggu, 18 Desember 2011

Inception


Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Inception

Theatrical release poster

Sutradara
Christopher Nolan
Produser Christopher Nolan
Emma Thomas
Penulis Christopher Nolan
Pemeran Leonardo DiCaprio
Ken Watanabe

Joseph Gordon-Levitt

Marion Cotillard

Ellen Page

Tom Hardy

Cillian Murphy

Tom Berenger

Michael Caine
Musik oleh Hans Zimmer[1]
Sinematografi Wally Pfister
Penyunting Lee Smith
Studio Legendary Pictures
Syncopy Films
Distributor Warner Bros. Pictures
Tanggal rilis  Amerika Serikat:
16 Juli 2010
 Britania Raya:
08 Juli 2010
Durasi 148 menit[2][3]
Negara  Amerika Serikat
Bahasa Bahasa Inggris
Anggaran $160,000,000[4]
Pendapatan kotor Seluruh Dunia:
$810,981,124[5][6]

Inception (bahasa Indonesia: Permulaan) adalah film fiksi ilmiah Amerika Serikat tahun 2010 yang disutradarai oleh Christopher Nolan. Pemain utama dalam film ini antara lain: Leonardo DiCaprio, Ken Watanabe, Joseph Gordon-Levitt, Marion Cotillard, Ellen Page, Tom Hardy, Cillian Murphy, Tom Berenger, dan Michael Caine. Film ini mengisahkan tentang Dom Cobb yang berusaha mengambil informasi dari korbannya dengan cara masuk ke dalam mimpi mereka dan menginsepsi pikiran para korbannya. Mimpi tersebut menjadi ruang bagi keseluruhan tim untuk menanamkan pemikiran tertentu ke dalam otak para korban.[7]
Inception menerima delapan nominasi pada Penghargaan Oscar, termasuk Film Terbaik dan Skenario Asli Terbaik, dan memenangkan empat penghargaan untuk Penyuntingan Suara Terbaik, Tata Suara Terbaik, Sinematografi Terbaik dan Efek Visual Terbaik.[8]

Daftar isi

 [sembunyikan

[sunting] Plot

Dom Cobb (Leonardo DiCaprio) dan partnernya, Arthur (Joseph Gordon-Levitt) mempraktekkan espionase ilegal dengan memasuki alam bawah sadar target mereka, dengan menggunakan stratergi dua-tingkat "mimpi dalam sebuah mimpi" untuk mengekstrak informasi penting yang dibutuhkan. Setiap "ekstraktor" membawa sebuah "totem", benda pribadi yang berukuran kecil. Totem milik Cobb adalah gasing yang berputar dalam sebuah negara mimpi. Cobb berjuang bersama memori istrinya yang telah meninggal, Mal (Marion Cotillard), yang memanifestasi mimpinya serta berusaha untuk mensabotase kehidupannya.

[sunting] Pemain

[sunting] Catatan kaki

  1. ^ a b George (July 23, 2009). "Inception Cast and Crew Updates". Cinema Rewind. Diakses pada 31 Agustus 2009.
  2. ^ "Inception". BBFC. 29 Juni 2010. Diakses pada 8 Agustus 2010.
  3. ^ Itzkoff, Dave, "A Man and His Dream: Christopher Nolan and Inception", The New York Times, 30 Juni 2010. Diakses pada 1 Juli 2010. Kutipan: This is a film I first pitched to the studio probably nine years ago, and I wasn’t really ready to finish it. I needed more experience in making a big movie.
  4. ^ Fritz, Ben, "Movie projector: 'Inception' headed for No. 1, 'Sorcerer's Apprentice' to open in third", Los Angeles Times, Tribune Company, 15 Juli 2010. Diakses pada 27 Juli 2010. Kutipan: It's also one of the most expensive, at $160 million, a cost that was split by Warner and Legendary Pictures.
  5. ^ "Inception". Box Office Mojo. Internet Movie Database. Diakses pada 6 September 2010.
  6. ^ "2010 WORLDWIDE GROSSES". Box Office Mojo. Internet Movie Database. Diakses pada 9 September 2010.
  7. ^ Eisenberg, Mike (May 5, 2010). "Updated ‘Inception’ Synopsis Reveals More". Screen Rant. Diakses pada 18 Juli 2010. "One last job could give him his life back but only if he can accomplish the impossible—inception."
  8. ^ "Kesalahan: no |title= specified ketika menggunakan {{Cite web}}". http://scifimafia.com/2011/03/83rd-academy-awards-inception-wins-four-oscars-alice-takes-art-direction-and-costume-design-wolfman-for-makeup/.

[sunting] Pranala luar








Tidak ada komentar:

Posting Komentar